Aneka Bubur Kota Depok
Wednesday, 28 December 2011
Bubur BaritoDengan suasana yang nyaman. tempat ini juga menyajikan Bubur Sukabumi.Lokasi: Jl. Margonda (sebrang RS Bunda Margonda) Bubur Ayam... Read More...
Ayam Goreng Babeh Kota Depok
Tuesday, 06 December 2011
Filosofi seorang penikmat makanan minuman, ketika ingin mencoba makanan baru adalah, ketika warung yang dikerumuni banyak orang, boleh dibilang pasti... Read More...
loading...

Hampir setiap orang yang gemar memancing di wilayah Selatan Jakarta, dan daerah Depok Sawangan, serta Tangerang Selatan, pasti sudah mengenal betul wilayah ini.

Lokasi
Terletak di Kecamatan Sawangan. Lokasi Setu tersebut  tepat berada di belakang Perumahan Sawangan Golf &Golf Sawangan.

Rute Menuju Situ Tujuh Muara
Dari arah Depok kita dapat melelalui pasar kemiri, juga melalui pondok cabe atau perapatan Cinangka (jalan Raya Ciputat - Sawangan - Parung),  atau melalui Sawangan & Golf Cottage.

Legenda Situ Tujuh Muara
Situ Tujuh Muara, atau Setu Gugur, atau Setu Cakra Cinangka, dan kini juga sering disebut dengan Setu Sawangan Golf dengan luas 18 hektar - telah berubah fungsi menjadi daratan. Masyarakat meyakini setiap malam pergantian tahun, sekitar pukul 23.30 WIB hingga 00.30 WIB selalu muncul bola api berwarna biru, kuning, merah. Bola tersebut keluar dari tanah eks setu yang kini telah berubah menjadi daratan.

Warga kampung sekitar menamakan bola api tersebut "Braja". Bila Braja muncul di malam pergantian tahun, maka pertanda akan adanya bencana atau musibah. Baraja diyakini masyarakat setempat dapat dilitat dua kali. Pertama, pada saat malam tahun baru nasional, dan Tahun Baru China.

Namun demikian tidak semua warga dapat melihat  pancaran sinar Baraja yang tidak diketahui asal arah sinarnya, yang berdurasi + 10 menit, dan turun kembali.

Menurut cerita-cerita turun-temurun, konon Setu Tujuh Muara merupakan tempat persinggahan para prajurit kerajaan Siliwangi saat akan menuju laut.

Menurut para Sesepuh, dahulunya di tengah-tengah setu terdapat lempengan batu besar, datar, yang digunakan sebagai tempat peristirahatan prajurit dan kuda-kudanya.

Pada tahun 1964, Setu ini pernah jebol. Tetapi berhasil diperbaiki masyarakat. Namun, pada saat jebol untuk yang kedua kalinya tidak lagi diperbaiki masyarakat. Akhirnya Batu besar yang berada ditengah situ amblas tertimbun lumpur sedalam dua meter. Sehingga Batu Besar tersebut kini berada di dasar sungai dengan kedalaman dua meter.

Pada saat ini, lahan situ tersebut hanya tersisa satu aliran sungai yang bermuara ke Kali Pesanggrahan, sedangkan sebagian lahan setu kini  dimanfaatkan warga untuk berkebun, dengan tanaman seperti: papaya, jambu, dan pisang.

Solusi Masalah Sampah Dimulai Dari Diri Sendiri
Masalah sampah memang merupakan hal yang terus menjadi persoalan yang harus terus dicari jalan keluar.
Salah satu penangan masalah sampah menurut Bpk.Eko Herwiyanto ,Ap.M.Si selaku Camat Kecamatan sawangan adalah melakukan hal yang paling sederhana dilingkungan keluarga masing masing. Menurutnya di setiap individu harus ada kepedulian masalah sampah minimal bagaimana menerapkan proses pemilahan sampah keluarga menjadi budaya baru disemua keluarga dimanapun ia berada.

Sekarang ini sebagai contoh dari penanggulangan yang sederhana sudah dilakukan sejak lama oleh bpk.eko dirumah peribadinya yaknimelakukan hal yang paling sederhana yaitu melakukan pemilahan sampah organik dan unorganik serta membuat system komposter paling sederhana dan sangat murah dengan cara yang sangat e.menurutnya pula bahwa hampir 75% dari total 5000 ton sampah kota depok adalah sampah organik dan sampah organiklah yang menyebabkan timbulnya permasalahan dimasyarakat terutama masalah bau tak sedap yang ditimbulkannya yang kalau saja pemisahan itu dilakukan disetiap keluarga dan hanya sampah unorganik saja yang dibawa kepenampungan sedangkan sampah organiknya dilakukan komposter maka permasalahan sampah bisa terselesaikan.

Bank sampah bukit Rivaria Kelurahan Bedahan yang dimotori dan diketuai oleh Bpk.Dwiyanto Kelik berlokasi di Blok I5/27Rw 10 Perum Bukit Rivaria kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan Kota Depok.

Bank sampah yang pada bulan ini genap berusia satu tahun beranggotakan lebih dari 60 orang aktif dari lingkungan Perum Rivaria dan sekitarnya dan akan terus bertambah seiring dengan waktu serta pertumbuhan masyarakat sekitar, Bank sampah ini beropersi untuk kegiatan rutin yaitu pada hari minggu pagi setiap minggunya dilakukan penimbangan, pemilihan serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan bank sampah adapun lokasi gudang bank sampah Bukit Rivaria yaitu di Blok A5/19 Rt 01/10.

1. Telaga Golf Sawangan
    Jl. Raya Muchtar, Sawangan – Depok 

2. Bukit Rivaria Sawangan
    Sawangan

3. Depok Maharaja
    Dekat dengan DTC (Depok Town Center)

4. Telaga Jambu Sawangan
    Jl. Abdul Wahab Sawangan, Depok

Kecamatan Sawangan adalah sebuah kecamatan di Kota Depok, Jawa Barat. Ada 2 versi asal kata Sawangan. Yang pertama adalah: Sawangan berasal dari kata bahasa Sunda "sawang" yang artinya melihat. Sawangan dalam bahasa Sunda mempunyai arti tempat melihat. Hal ini mungkin karena pada masa lalu Sawangan posisinya lebih tinggi dari tempat-tempat di sekitarnya sehingga bisa dijadikan tempat melihat sekelilingnya. Yang kedua adalah: Sawangan berasal dari kata Minahasa Kuno yang berarti "Bersama-sama". Hal ini dimungkinkan karena banyak perkerja perkebunan dari Minahasa didatangkan oleh VOC untuk membangun perkebunan didaerah tersebut namun jejak nama-nama keluarga tersebut sudah tidak dapat dilacak terlebih keluarga yang menggunakan Fam Minahasa terakhir adalah Pantow yang telah meninggal pada tahun 80an.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sawangan,_Depok

Kesehatan Wanita Depok

IMAGEProses Persalinan
Ramuan Tradisonal Kuno baik digunakan apabila kandungan telah memasuki 8 1/2 bulan. Ramuan ini bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan atau...
IMAGEFaedah Air Susu Ibu
Bagi Ibu-ibu karir, Air Susu Ibu memang tidak praktis, tetapi sekarang ini sudah ada beberapa instansi yang memberi aturan bagi Ibu-ibu yang sedang...

Kesehatan Pria Depok

IMAGEMenjadi Pria Depok Perkasa
Kemangi Bagi Pria, kemangi berguna bagi Pencegahan Loyo Duluan. Senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi Masalah Loyo Duluan. Apigenin...
IMAGESembuhkan Prostat Cara Alami
Radang Prostat terjadi akibat perubahan hormonal dihidrotestosterm dalam jaringan kelenjar prostat yang meningkat pada usia 40 tahun ke atas....

Jiwa Sehat

IMAGE10 Saran Menghilangkan Insomnia
Apa  yang akan Anda lakukan ketika susah memejamkan mata? Mengidap Insomnia memang menyiksa, terlebih bagi Anda yang memiliki banyak kegiatan di...
IMAGEKearifan Lokal (Local Wisdom)
Kearifan Lokal adalah, nilai-nilai yang sudah dimiliki Masyarakat Lokal Nusantara secara turun temurun, yang mempunyai fungsi, mengatur interaksi...